Cara Aman Bekerja Dengan Menggunakan Solder Uap

No Comments

Solder uap merupakan alat elektronik yang saat ini lebih banyak digemari bagi para teknisi maupun hobiis untuk melakukan pekerjaan elektronikanya terutama dalam pemasangan atau membongkar elemen-elemen elektronik yang terdapat pada papan PCB. Sebelum model uap muncul, solder yang umumnya digunakan adalah solder besi di mana pada bagian mulut solder adalah besi bersuhu tinggi yang disentuhkan pada kawat timah agar mencair dan menjadi pemanas dari elemen yang ada pada papan PCB. Namun kini, solder uap lebih disukai karena ia bisa melepas dan juga merakit komponen elektronik jenis SMD, ia juga bisa menghasilkan uap yang panasnya bisa melelehkan timah atau patrian yang berpenampang tebal. Demi keselamatan Anda ketika bekerja, apa saja yang harus diperhatikan ketika menggunakan solder uap?

Ketika menggunakan solder uap

Ketika Anda menggunakan solder uap, harap diperhatikan bahwa udara panas yang keluar dari solder bisa melelehkan kabel timah sehingga jauhkan dari tangan Anda ketika bekerja. Gunakan jepitan atau pinset untuk memegang kabel timah ketika Anda menyolder. Kembalikan solder pada tempatnya, jangan diletakkan langsung di atas meja kerja dan pastikan alat sudah dimatikan dan dicabut listrik jika tidak digunakan.

Keamanan elektronik ketika menggunakan solder uap

Gunakan solder yang kualitasnya masih bagus, jangan gunakan solder yang sudah memiliki kerusakan terutama pada bagian badannya, pada bagian kabel, atau colokan listriknya. Cek apakah solder uap yang Anda miliki sudah lolos uji keamanan listrik pada bagian label kemasannya. Ketika menggunakan solder, sebaiknya singkirkan benda-benda elektronik lainnya di meja kerja Anda karena bisa jadi barang elektronik lain terpengaruh dengan suhu solder yang panas.

Untuk mencegah kebakaran

Bekerja dengan menggunakan perlengkapan elektronik tentunya selalu ada resiko kebakaran. Ketika Anda menggunakan solder uap, sebaiknya gunakan meja yang dilapisi dengan bahan anti api atau tidak bisa menghantarkan api dengan baik. Kenakan pakaian anti api jika perlu, yang menutupi lengan dan juga tubuh Anda. Kenakan kaca mata pelindung karena bekerja menggunakan solder beresiko menimbulkan residu berpartikel kecil yang bisa beterbangan, atau uap panasnya mengganggu penglihatan Anda. Sediakan alat pemadam kebakaran di ruang kerja elektronik Anda.

Categories: Solder

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *