Fungsi Solder Uap Untuk Reparasi Elektronik

No Comments

Solder adalah salah satu alat reparasi mekanik yang menggunakan energi panas untuk difungsikan. Bentuknya seperti pulpen yang pada bagian ujungnya terdapat mata solder berbahan metal yang akan menyalurkan panas dan disentuhkan pada alat elektronik yang sedang dikerjakan. Solder pun ada bermacam-macam jenisnya, salah satunya yang kini lebih banyak dicari adalah solder uap. Solder uap https://www.tokopedia.com/codyonline atau yang juga disebut dengan nama blower hot air adalah alat elektronik yang menghasilkan hembusan angin panas sebagai ganti dari penghantar metal pada model yang lama. Dilihat dari fungsi dan juga desainnya yang lebih compact, solder uap memang lebih praktis untuk digunakan dalam pekerjaan reparasi elektronik.

Fungsi solder uap

Fungsi dari solder uap adalah untuk mengangkat, memasang, mencetak, dan juga mensolder ulang komponen yang mungkin terpasang kurang melekat. Solder ini bisa digunakan untuk memanaskan SMD (kelabang), BGA (bola-bola timah), maupun komponen kecil lainnya yang sulit dijangkau dengan menggunakan alat perkakas yang besar. Selain untuk mengencangkan komponen kecil yang terpasangnya kurang melekat, solder uap juga bisa digunakan untuk mengeringkan papan elektronik seperti misalnya yang terdapat pada ponsel apabila ponsel kemasukan atau jatuh ke dalam air.

Pengaturan suhu solder uap

Kelebihan dari solder uap salah satunya adalah suhu yang dihembuskan bisa diatur sesuai dengan kebutuhan Anda, begitu juga dengan tekanan udaranya. Cara menggunakan solder uap tidak jauh beda dengan solder yang biasa, yang menggunakan metal untuk mata soldernya. Setelah solder dihubungkan dengan stopkontak, Anda bisa langsung mengatur suhu udara dan juga tekanan udara yang diinginkan. Untuk solder uap, biasanya pengaturan suhu udaranya adalah sebagai berikut:

1. Suhu 1000 – 2000 dengan tekanan udara 8 bisa digunakan untuk mengeringkan cairan

2. Suhu 3500 – 4000 tekanan udara 3 bisa digunakan untuk memanaskan hingga mencairkan timah, mencetak kaki IC, dan juga untuk mengangkat dan memasang komponen

3. Suhu 2500 – 3500 tekanan udara 3 bisa digunakan untuk mengangkat flekxibel dari PCB

4. 2500 2750 tekanan udara 3 bisa digunakan untuk mengangkat komponen plastik

Categories: Solder

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *